Fish Market

Fish Market Global di bawah ini merupakan ide bisnis saya untuk memajukan perikanan Indonesia, di bawah ini merupakan latar belakang saja yang saya publish, semoga pembaca dapat tertarik dan bekerjasama. 




Gambar. Fish Market Sydney Australia

Pasar merupakan suatu tempat yang terorganisir dengan sekelompok bangunan atau kios-kios dengan batasan-batasan yang ditentukan dimana sekelompok pembeli dan penjual bertemu, sehingga  memungkinkan  terjadinya transaksi jual beli barang dan jasa.
Salah satu pasar yang akan menjadi konsep utama dalam proposal ini adalah pasar ikan atau Fish Market. Pasar ikan adalah pasar yang secara khusus menjual komoditas perikanan. Pasar ikan biasanya terletak di dekat penghasil komoditas perikanan seperti di tambak, kolam atau pantai. Pasar ikan pantai pada umumnya juga memiliki fungsi sebagai icon dari pantai tersebut dalam penyediaan ikan segar. Pantai  yang  mengedepankan  wisata  kuliner  dalam  pemasarannya  tentu  akan sangat membutuhkan keberadaan pasar ikan. Namun, jenis pasar ikan yang akan saya buat dalam konteks ini bukan hanya sebagai wisata kuliner atau icon dari sebuah tempat di daerah saha perikanan tetapi menjadikan pasar ikan sebagai tempat terpadu yang lebih mengedepankan sarana dan fasilitas yang baik dan terorganisir demi kepuasaan konsumen.
Kondisi pasar saat ini masih bisa dikatakan kurang baik dari segi sanitasi, fasilitas, maupun keamanan pangan. Fasilitas-fasilitas  pasar ikan yang tidak teratur, kurangnya beberapa fasilitas pendukung sanitasi seperti sumber air yang masih cukup  jauh, lantai yang kotor dan banyaknya  lalat  di lingkungan sekitar pasar karena sampah yang tidak dibuang pada tempatnya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun atau merancang suatu tata letak pasar ikan yang sesuai dengan kaidah tata letak dan sanitasi yang baik. Dengan begitu pasar ikan tradisional yang khas akan becek dan kotor akan bertransformasi menjadi pasar ikan modern yang menyerupai Mall-mall di kota besar sehingga pengunjung dari semua kalangan tidak segan untuk berbelanja di fish market karena kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman. Mengacu ari beberapa fish market internasional seperti Sydney Fish Market Australia dan Pale Pike Fish Market Amerika dapat menjadi contoh dalam penerapan kegiatan usaha ini.

Penambahan fasilitas pasar sangat diperlukan untuk pengembangan dan menjadikannya sebagai fish market global. Beberapa fasilitas yang ingin saya terapkan adalah tata letak pasar di daerah perkotaan yang memngkinkan konsumen untuk lebih mudah berbelanja disini tanpa harus pergi ke daerah-daerah yang jauh dan sulit diakses. Selain itu, sanitasi yang baik dari peralatan, tempat dan pegawai juga merupakan faktor utama fish market.

Sebagai fish market yang mengutamakan kesegaran bahan baku komoditi perikanan yang di jual tentu saja saya membutuhkan beberapa wadah ikan hidup seperti akuarium dan sebagainya. Sementara untuk produk perikanan segar saya membutuhkan wadah penyimpanan untuk menjaga kesegaran dan mutu  ikan dengan teknik pembekuan dan pendinginan yang baik seperti freezer dan cold storage untuk menyimpan stock produk agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.   

Comments

Popular Posts