BUDAYA MARITIM INDONESIA


BUDAYA MARITIM INDONESIA

Indonesia merupakan negeri yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah dengan potensi di berbagai sektor seperti hasil bumi, pertanian dan tentu saja perikanan dan kelautan. Namun, kekayaan yang dimiliki oleh negara ini masih belum bisa di manfaatkan secara optimal oleh kita sendiri. Saya memiliki kepercayaan yang tinggi tentang bagaimana negeri ini kan mampu berdiri dan menjadi contoh negara lain di dunia.

Dengan melihat latar belakang negeri ini, kita tentu mengetahui bahwa kemaritiman bukan hanya sumber daya alam potensial di Indonesia, tetapi jati diri bangsa ini. Semboyan Jalesveva Jayamahe yang lantang terucap oleh generasi maritim negeri ini menegaskan bahwa kita sebagai rakyat Indonesia yang merupakan Negara maritim mampu berdaulat di daratan dan di lautan. Makna kebudayaan yang tersirat secara umum adalah perilaku dan kebiasaan masyarakat pada rutinitas sehari-hari dalam kehidupan. Dengan mengangkat tema kebudayaan maritim Indonesia yang menjadikan fondasi dasar yang memliki rasa kepercayaan diri yang tinggi bahwa Indonesia mampu menjadi basis utama perikanan dan kelautan dunia. 

Sebagai sektor maritim yang dikenal bangsa lain akan kekuatan pertahanan dan sumberdaya alam lat yang melimpah ruah, keyakinan menjadi bangsa yang mandiri bukan hanya mimpi belaka bagi Indonesia. Keyakinan menjadi bangsa maritim terhebat di skala internasional ini harus menjadi jangkar penguat untk menjadikan generasi emas negeri ini menjadi insan yang percaya bahwa kebudayaan maritim adalah budaya asli yang menjadi jati diri bangsa ini.

Kekayaan alam dan potensi yang ada di negeri ini adalah modal utama yang harus di kembangkan di masa depan. Penerapan nyata sektor perikanan dan kelautan Indonesia secara modern dan efisien, khususnya pada skala menengah diharapkan dapat menunjang perekonomian negeri ini menjadi lebih optimal.

Jalesveva Jayamahe di darat kita berkuasa di laut kita raja…

Comments

Popular Posts