Lowongan Prospek Kerja Sarjana Perikanan

Sarjana perikanan di Indonesia masih dihadapkan dengan beberapa pilihan yang sulit untuk meniti karir yang sesuai dengan background pendidikan. 90% dari lulusan perikanan saat ini lebih memilih bekerja di luar bidang perikanan dan sisanya yang memilih bekerja di bidang perikanan.
Berikut adalah prospek kerja yang masih dimintai oleh sarjana perikanan:

1. Menjadi Teknisi Tambak
Saat ini menjadi teknisi tambak adalah peluang yang sangat besar untuk lulusan sarjana perikanan, dengan kemampuan dan keahlian yang diperoleh saat kuliah khususnya untuk lulusan budidaya perikanan, maka profesi yang pertama di ambil bagi lulusan baru atau fresh graduate sarjana perikanan adalah menjadi teknisi tambak di perusahaan swasta.

Beberapa perusahaan besar seperti CP Prima, Mina Bahari dan Pengusaha Tambak swasta lebih memprioritaskan lulusan perikanan dengan keahlian budidaya, bagi sobat yang berminta untuk bekerja di lapangan dan menyukai hal-hal yang langsung berhubungan dengan sektor budidaya, bisa mencoba untuk menjadi teknisi tambak.

2. Menjadi QC atau Quality Controller
Kamu juga bisa menjadi seorang Quality Control yang bekerja untuk perusahaan swasta atau negara. Gaji pekerja Quality Control memang besar sebab kualitas produk ditentukan oleh para ahli di bidang ini. Pilihan lulusan perikanan untuk menjadi QC sangat besar, berbagai pabrik pengolahan perikanan di kawasan Jakarta Utara yang bergerak di bidang pengolahan pengalengan perikanan membutuhkan banyak lukusan perikanan untuk menjadi QC.

3. Peneliti
Menjadi peneliti juga bisa menjadi pilihan lulusan perikanan yang menyukai pekerjaan di laboratorium. Kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat di bidang perikanan dan kelautan dengan menjadi seorang peneliti atau ilmuwan. Soal gaji, Kamu bisa mendapatkan penghasilan fantastis. Sebagai contoh untuk menjadi peneliti di bidang perikanan, kamu bisa memulai karir kamu dengan mencoba mendaftar menjadi honorer atau tenaga kerja kontrak di dinas perikanan pemerintah. Agar cita-citamu tercapai kamu bisa sambil kuliah S2 dan menunggu ujian masuk PNS ya.

4. Guru atau Dosen
Jika kamu memiliki minta atau ketertarikan dalam mengajar, sarjana perikanan dapat menjadi tenaga pendidik seperti guru di SMK perikanan atau di sekolah umum dengan mata pelajaran biologi. Namun, jika kamu ingin menjadi dosen maka sebaiknya setelah lulus kamu bisa langsung melanjutkan kuliah S2 agar memenuhi persayaratan sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi swasta maupun negeri

5. Peternak ikan

Lulusan sarjana perikanan yang ingin mencoba memulai usaha sendiri dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh saat berkuliah khususnya jurusan budidaya perikanan, bisa memulai bisnis perikanan dengan mengolah tambak skala kecil atau menengah dengan modal pribadi atau mendapatkan bantuan modal dari swasta ataupun kelompok. Dalam bisnis perikanan, kamu bisa memilih menjadi 2 yaitu usaha pembenihan dan pembesaran.

Jika memilih usaha pembenihan maka kamu bisa mencoba memilih induk unggul saat pemijahan dan fokus untuk melakukan pemijahan secara buatan maupun alami dengan mempercepat proses pemijahan secara optimal agar menghasilkan benih-benih ikan yang berkualitas untuk mulai di jual ke pengusaha perikanan dalam bidang pembesaran.

Sebaliknya, jika memilih usaha pembesaran maka kamu bisa mulai bisnis ini dengan memilih komoditas perikanan yang memang saat ini sedang mendapat pasar yang tinggi agar saat panen kamu bisa langsung menjual hasil panen yang diminta oleh pasar.

6. Sisanya lulusan perikanan banyak memilih bekerja di Bank, Start Up dan E-commerce lain
Lulusan perikanan yang ingin mencoba ilmu baru di era modern, lebih memilih bekerja cross dari pendidikan perikanan dengan bekerja di Start-up atau E- commerce. Perusahaan tersebut memang membutuhkan banyak lulusan fresh graduate baru yang memiliki keinginan belajar yang tinggi di dunia digital dan bisa bekerja dengan generai zaman now saat ini, memilih E-commerce sebagai pilihan karir.

Menjadi pegawai di Bank juga bisa menjadi pilihan sarjana perikanan karena perusahaan perbankan memiliki kriteria tersendiri dalam merekrut lulusan perikanan untuk bekerja di perbankan.

 





Comments

  1. Kereeen Kak, terutama poin ke 6, kena banget ke semua sarjana, ga hanya buat anak perikanan aja..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts